Review Buku The Tipping Point karya Malcolm Gladwell : Fenomena Sederhana Yang Merubah Dunia

Tipping Point adalah istilah yang mengacu kepada peristiwa yang tepat, momen yang tepat, dan dengan orang yang tepat dapat menciptakan 'titik kristis' sebuah produk, perilaku, ide, maupun pesan menyebar seperti epidemi atau seperti wabah penyakit menular. Setidaknya, itulah yang dimaksud Malcolm Gladwell dalam bukunya The Tipping Point.

Percaya atau tidak Tipping point pernah terjadi di kehidupan kita, bahkan setiap hari. Salah satu contoh yang paling baik adalah wabah Covid-19 atau Corona yang pada tahun 2019-2020 silam. Awalnya kasus itu nampak biasa saja, tidak mengancam dan bahkan terkontrol. Tapi apa yang menyebabkan tiba-tiba virus itu menjadi pandemi dan bahkan menyebabkan resesi pada dunia?

Jika anda tertarik, maka anda berada di tempat yang tepat karena kita akan membahas buku tipping point novel karya Malcolm Gladwell.

Review Buku The Tipping Point karya Malcolm Gladwell
Cover Buku Malcolm Gladwell The Tipping Point

Review Buku The Tipping Point karya Malcolm Gladwell

Buku The Tipping Point dengan desain yang minimalis, sama seperti buku-buku Malcolm Gladwell pada umumnya. Berbeda dengan buku David and Goliath dengan simbol ketapel, Outliers dengan simbol mutiara, desain cover Tipping Point adalah korek api.

Bukunya berukuran sedang dan memuat 8 Bab tentang hal-hal yang berkaitan dengan titik tipping. Gladwell selalu menulis bukunya dengan gaya yang keren, yaitu seperti jaring laba-laba yang saling berkaitan.

Sebelum membahas bukunya, yuk kenalan dengan penulisnya. 

Siapa Penulis The Tipping Point?

Penulis The Tipping Point bernama Malcolm Gladwell. Ia merupakan seorang peneliti dan penulis beberapa buku yang sangat laris di pasar, bahkan beberapa tulisannya menjadi alasan banyak industri melakukan perubahan.

Bukunya David and Goliath membahas tentang perihal bagaimana yang kecil bisa mengalahkan yang besar, Outliers membahas bagaimana hal kecil bisa melakukan perubahan, dan the tipping point membahas bagaimana hal yang sederhana bisa menyebabkan epidemi.

Malcolm Gladwell merupakan salah satu penulis favorit saya, tulisannya sangat layak untuk dibaca.

Sinopsis Buku dan Ringkasan Buku The Tipping Point

The Tipping Point membahas tentang bagaimana epidemi muncul dalam kawasan kita. Bagaimana suatu hal bisa viral di dunia, bagaimana restoran yang satu memiliki banyak pelanggan dan yang satu tidak, bagaimana produk yang satu terjual habis, dan yang lain tidak.

Kendati terlihat seperti buku bisnis, sayangnya buku The Tipping Point bukan hanya perihal bisnis. Cakupan dari buku The Tipping Point lebih luas, bahkan salah satunya adalah tentang bagaimana sesuatu yang kecil dapat merubah kepribadian suatu kaum.

Gladwell berpendapat setidaknya ada tiga hal yang bisa menyebabkan epidemi atau keviralan. Hal tersebut bisa kita sebut sebagai the three rules of tipping point.

Syarat Tipping Point tersebut adalah the law of the few atau hukum yang sedikit, stickiness atau kelekatan, serta the power of context atau kekuatan konteks.

Untuk bisa menyebabkan suatu hal yang viral maka hal tersebut tidak akan pernah terlepas dari tiga aktor utama, mereka adalah the Mavens (Si Bijak Bestari), the Connector (Si Penghubung), dan The Sales (Si Penjaja).

The Tipping Point karya Malcolm Gladwell
Isi buku tipping point karya Gladwell


The Mavens (Si Bijak Bestari)

The Mavens atau si Bijak Bestari adalah kategeori orang yang memiliki pengetahuan luas dalam suatu atau banyak bidang tertentu. Mereka memiliki sifat yang murah hati dan suka menolong, bahkan memberikan nasehat tentang hal yang diketahui kepada kita.

Ciri-ciri The Mavens dapat diketahui ketika kita mengobrol dengannya, misalnya dia suka membaca buku maka dengan mudah dia bisa memberikan rekomendasi buku serta berapa harganya, serta bagaimana perbandingan harga dari toko ini dengan toko itu.

The Mavens seolah tahu 'bagaimana' medannya.

The Connector (Si Penghubung)

The Connector atau si Penghubung adalah orang yang memiliki relasi yang banyak. Tidak hanya sekedar memiliki relasi, tetapi ia juga memahami cukup banyak tentang relasinya tersebut, sehingga ia tahu tentang mereka.

Misalnya jika anda membutuhkan rekomendasi buku, anda jelas akan bertanya kepada teman anda yang gemar membaca buku. Tentang kosmetik? Tentu kepada teman anda yang tahu tentang kosmetik tersebut.

Perbedaannya, orang-orang The Connector memiliki banyak orang sehingga ketika anda bertanya kepadanya tentang sesuatu, dan ia tidak tahu jawabannya, ia bisa merekomendasikannya kepada yang lain.

The Connector seolah tahu 'siapa' orang-orangnya. 

The Sales (Si Penjaja)

The Sales adalah tipikal orang yang setidaknya memiliki kepribadian yang suka membujuk orang lain untuk melakukan atau membeli sesuatu. Mereka bisa jadi orang di sekitar anda, atau diri anda sendiri.

Di zaman sosial media yang begitu pesat, berkali-kali kita melihat inflencer atau konten kreator media sosial membagikan tempat wisata, makanan, bahkan produk yang mereka gunakan. Nampak familiar? Yup, kita bisa menyebut mereka sebagai, The Sales.

The Sales tahu 'apa' produknya. 

Penerapan Three Rules of Tipping Point

Penerapan three rules of tipping point di kehidupan nyata telah terjadi berkali-kali. Iphone misalnya menjadi salah satu produk yang mengalami kondisi Tipping akibat fitur layar sentuhnya. Hal tersebut merupakan Law of the Stickiness atau faktor kelekatan, hal yang mudah diingat.

Kecerdasan AI seperti munculnya Alexa dan Echo juga merupakan hal yang menyebabkan tipping sebab merupakan hal yang mengandalkan hukum-hukum tipping point dari Malcolm Gladwell.

Untuk tetap mengingatnya, inilah tiga aturan tipping point tersebut

  • "The Law Of The Few" - epidemi sosial diciptakan oleh sekelompok kecil orang 
  • "The Stickiness Factor" - sebuah fenomena yang perlu diingat agar bisa menyebar dengan cepat dan efektif 
  • "Kekuatan Konteks" - perubahan kecil di lingkungan dapat membuat perbedaan besar dalam cara orang bertindak

Kelebihan dan Kekurangan Buku The Tipping Point

Setidaknya ada beberapa hal yang saya sukai dan tidak saya sukai dalam buku ini.

The Tipping Point Malcolm Gladwell Review
Isi The Tipping Point

Kelebihan Buku The Tipping Point

Kelebihan buku the tipping point sudah jelas sebab penulisnya, Malcolm Gladwell, merupakan seorang peneliti dan akademisi sehingga tulisannya kaya akan data hasil wawancara dengan orang-orang yang ia ketahui.

The Tipping Point padat akan informasi sehingga anda harus benar-benar fokus membacanya dan tanpa distraksi, apabila ada distraksi, maka poin penting dan data penting bisa jadi terlewat.

Kekurangan Buku The Tipping Point

Buku Tipping Point memiliki kekurangan bagi mereka yang baru membacanya. Kekurangan tersebut adalah data dan subbabnya yang menggunakan angka, dan kendati itu memang gaya penulisan Malcolm Gladwell, tetapi orang akan susah mengetahui dimana letak data sebelumnya apabila tidak ditandai.

Tipping Point memang merupakan buku yang mesti dibaca layaknya novel, harus dinikmati. Apabila anda tidak menikmati membaca buku ini, susah untuk membuat segalanya masuk kedalam kepala.

Siapa Yang Mesti Membaca Buku The Tipping Point?

Bagi saya pribadi, semua orang mesti membacanya, terlebih mereka yang ingin memasarkan produk mereka. Hal tersebut karena Tipping Point Malcolm Gladwell ini menjelaskan secara gamblang disertai dengan contoh-contoh yang tidak hanya di dunia bisnis, melainkan dunia pendidikan.

Bahkan jika anda merupakan seorang pemimpin komunitas dan ingin komunitas anda terkenal, anda sebaiknya membacanya agar komunitas anda semakin memiliki banyak anggota.


Rate Buku Tipping Point by Malcom Gladwell

Here it is the tipping point review! Buku Bagus memberikan poin 4,5/5 untuk buku ini. Buku ini memang sebagus itu dan layak anda baca.

Tipping Point Review
Cover buku Tipping Point yang saya review


Identitas Buku

Nama Buku   : The Tipping Point, Bagaimana Hal-Hal Kecil Dapat Menghasilkan Perubahan Besar 

Judul Asli Buku : Tipping Point, How Little Things Can Make a Big Difference

Penulis Buku    : Malcolm Gladwell

Penerjemah Buku   : Alex Tri Kantjono Widodo

Penerbit Buku    : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit Buku   : Juli, 2010, Cetakan ke-7

Jumlah Halaman Buku   : 340

Ukuran Buku    : Sedang

ISBN Buku   : 978-979-22-0102-4

Harga Buku    : 65.000 Rp. - 90.000 Rp. di Gramedia (Original). Versi Bahasa Inggrisnya sekitar 140.000 - 178.000 Rp yang original.

Harga Buku PDF :  the tipping point pdf bahasa indonesia (masih belum diketahui, banyak yang murah, tapi bajakan, akan kamu upload lain waktu).


Terima kasih telah berkunjung ke BukuBagus, terima kasih telah membaca! BukuBagus merupakan website rekomendasi buku, silahkan berlangganan atau tulis di kolom komentar tentang buku yang layak untuk dibaca semua orang. Ayo bantu orang lain menemukan buku yang membuat mereka jatuh cinta akan membaca!

Posting Komentar

0 Komentar